Ini Dia Rahasia Kehebatan Mesin eSP Milik Honda

varioespDani, ngadepin panasnya persaingan di kelas matic, Honda selalu unggul berkat pemakaian mesin eSP. Beberapa model yang pake mesin ini adalah Vario Techno 125 PGM-FI ama PCX 150. Kali ini kita bakal ngulik lebih dalem kesaktian mesin eSP.

Kalo kata kamus Honda, eSP singkatan dari enhanced Smart Power yang punya 10 teknologi utama revolusioner. Semuanya tersembunyi di mesin, transmisi, dan pendingin. Salah satunya adalah ACG Starter yang gantiin motor starter konvensional. Starter ini nyatu ama alternator dan bikin suara lebih alus pas distater.

Lalu ada roller tipe rocker arm yang disempurnain dengan ukuran roller lebih kecil yang  bikin tarikan lebih ringan karena minim gesekan. Biar makin mantep, hambatan sudut di saluran masuk bahan bakar dihilangkan agar laju pasokan bensin makin lancar.

Kemudian offset cylinder posisi piston dan setang piston saat titik mati atas dibikin nggak sejajar sama posisi sumbu kruk as. Pas muncul kompresi, gesekan piston dan dinding silinder lebih minim. Jadi piston dan stang bakal gerak lurus dan nggak terlalu gesek dinding silinder.

Biar mesin cepet adem, Honda ngandalin spiny sleeve berupa lapisan kayak kulit jeruk di balik dinding silinder. Lapisan ini bertugas dinginin blok lebih cepet. Mesin ini juga pake piston yang lebih ringan karena pin dan rumah pin piston lebih kecil tapi diameternya tetap 13 mm.

Sebagai pendukung, konstruksi crankshaft dibuat lebih kokoh dan pake bearing kruks as besar biar getaran di kruk as jadi minim. Oh ya, di balik blok silinder itu ada tambahan lubang pendingin buat pembuangan uap panas biar mesin lebih cepat dingin.

Buat CVT, mesin ini didukung kipas pendingin CVT yang pake teknologi turbo lho bro. Desainnya sendiri pake jumlah sirip yang lebih banyak dengan dimensi yang lebih panjang dan arah sirip yang optimal.

Selain itu juga radiatornya punya core atau sekat yang lebih banyak. Total, radiator yang dipake ada 19 core. Sementara PCX 150 cuman 12 dan Vario 110 ada 14 core doang. Buat yang belon tau, CVT di mesin eSP ini punya rasio yang lebih lebar dan dibekali belt yang lebih elastis, awet, serta minim selip.

Penyempurnaan juga banyak terlihat di wilayah transimisi. Terutama konstruksi rib atau tulangan baru yang bisa ngurangin jumlah olinya biar kinerjanya lebih ringan. Honda juga ngasih tambahan bearing biar bebas getaran dan perpindahan gigi transmisi lebih halus.

Yang nggak kalah menarik adalah rangkaian bearing di tiga sumbu di ruang transmisi. Desainnya khusus dibuat ngurangi gesekan akibat beban axial dari hellical gear. Caranya dengan ngerancang sesuai beban yang diterima agar maksimal ngurangi resistensi perputaran di bearing dengan pergolakan oli sekitar 20% di ruang mesin dan 25% di ruang transmisi. Tujuannya cuman satu bro, bikin motor yang kalian tunggangin jadi lebih irit bahan bakar.

Gimana, udah pada percaya kan ama kehebatan mesin eSP punya Honda?