Honda RCV1000R ”Production Racer”

rcv1000_02_slideshow_169VALENCIA – Honda akhirnya benar-benar nelorin sepeda motor balap yang dikembangin lebih dari setahun. Peluncuran sudah dilakukan di Valencia, barengan sama MotoGP seri terakhir minggu lalu.Dia adalah Honda RCV1000R, khusus dijual untuk tim-tim luar pabrikan alias tim privateer. Casey Stoner terlibat langsung dalam pengetesan, diklaim lebih cepat ketimbang sepeda motor tim-tim CRT.

Dalam latihan resmi pekan lalu di Valencia, beberapa tim dan pebalap sudah menjajal, di antaranya Nicky Hayden yang tahun ini bergabung dengan tim Aspar. Pebalap Amerika itu ternyata lebih cepat ketimbang pakai sepeda motor lamanya.

Honda Racing Corporation (HRC) bilang, versi downgrade RC213V dalam pengetesan terakhir di Motegi dengan Casey Stoner sebagai penunggangnya, beda cuma 0,3 detik! Kalau ban belakang diganti dengan tipe lebih lunak, bedanya bahkan cuma 0,17 detik dibandingkan dengan RC213V! Mesin V4 berkonvigurasi silinder 90 derajatnya sanggup ngeluarin tenaga 234,6 HP @16.000 rpm. Bedanya dengan RC213V ada di katup, pakai tipe non-pneumatic. Girboksnya konvensional, belum pakai teknologi seamless.

Suspensi pakai produk Öhlins, remnya dari Nissin. ECU Magneti Marelli karena sudah peraturan dari MotoGP . Tangki bisa ngebawa bensin 24 liter, lebih banyak ketimbang tim pabrikan yang cuma boleh bawa 18 liter. Ada cadangan mesin 12 biji yang bisa dipakai selama satu musim. Selain tim Aspar, yang sudah pasti pakai Honda RCV1000R musim balap tahun depan adalah tim Gresini dan Cardion AB.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *